Jenis Ikan Lele


Jenis Lele

Masyarakat biasa membedakan lele menjadi lele lokaldan lele dumbo. Kedua jenis lele ini mempunyai perbedaan yang mudah dikenali.

1. Lele lokal

Di lndonesia terdapat beberapa spesies lele, Spesies Clariasleiacanthus, Clarios nieuwhofi, dan Clarias teesmanii terdapat di perairan umum di Sumatera dan Kalimantan yang hidup secara liar. Sementara spesies yang biasa dibudidayakan ialah Clarias botrachusyang secara umum disebut "lele lokal". Dikenal tiga variasi warna tubuh pada lele lokal, yaitu hitam agak kelabu gelap (warna yang paling umum), bulai/putih, dan merah. Ada pula lele yang tubuhnya belang berwarna hitam-putih atau merah hitam. Lele seperti ini biasanya dipelihara sebagai ikan hias.
Di berbagai daerah, lele diberi nama sesuai bahasa daerah masing-masing: lele Uawa), ikan kalang (Sumatera Barat), pintet (Kalimantan), ikan keling/keli (Sulawesi Selatan/Makasar). Dalam bahasa lnggris, lele disebut cat fish. Nama ini digunakan sebagai nama dalam perdagangan secara internasional. Disebut demikian mungkin karena ikan ini berkumis seperti kucing. Sebenarnya nama car fish ini tidak hanya berlaku untuk lele saja, melainkan juga bagi ikan jenis lain yang juga berkumis, antara lain ikan baung dan ikan patin (ada beberapa genus atau marga, yaitu marga Pangasius, Macrones, Siluria, dan sebagainya).

Lele lokal mempunyai sifat-sifat berikut.

a) Apabila terkejut atau menderita stres, warna badannya gelap merata.
b) Gerakannya biasa, tidak terlalu agresif.
c) Patilnya beracun.
d) Dapat merusak pematang dengan membuat lubang.

2. Lele dumbo

Sejak tahun 1986 telah diimpor (diintroduksikan) jenis lele baru dari Taiwan. Lele ini kemudian dipopulerkan dengan sebutan "lele dumbo". Ketika didatangkan ke lndonesia, jenis ini dicatat sebagai king carfsh dengan nama ilmiah Clarias fuscusMenurut keterangan dari importirnya, lele dumbo merupakan hasil kawin silang antara betina lele Oarios fuscus yang asli Taiwan dengan pejantan Clarias mossambicus (dengan nama sinonim Clarias gariepinus) yang berasal dari Afrika dan pertumbuhannya tergolong cepat. Ternyata lele dumbo ini memang mempunyai sifat yang unggul, yaitu dapat tumbuh pesat dan mencapai ukuran besar dalam waktu lebih cepat dibandingkan lele lokal. Karena cepat tumbuh dan badannya gemuk itulah maka dinamai "lele jumbo" yang kemudian terkenal sebagai "lele dumbo". Pada umur B bulan, lele dumbo dapat mencapai bobot 200-300 gram.

Lele Dumbo mempunyai sifat-sifat berikut.


a) Apabila terkejut atau menderita stres, warna badan berubah menjadi bercak-bercak hitam/putih.
b) Gerakannya lebih agresif.
c) Patilnya tidak beracun.
d) Tidak merusak pematang.






0 komentar:

Post a Comment