Jenis Usaha yang Menjanjikan Hingga 10 Tahun ke depan


Mungkin anda kebingungan ingin memulai membuka usaha, karena dalam membuka usaha banyak hal yang harus di pertimbangkan. salah satunya adalah ketahanan usaha tersebut, yang dimaksud ketahanan adalah suatu usaha yang akan memiliki prospek bagus hingga 10 tahun kedepan, contoh apabila anda membuka usaha pada saat ini perlu di perhatikan kebutuhan konsumen, siapa konsumen, dan keterjangkauan. misalkan anda membuka usaha jasa wartel pada saat ini pasti anda akan bangkrut karena jaman sudah berbeda dengan dulu apabila anda membukan usaha jasa wartel dibawah tahun 2000 itu sangat menjanjikan.

Pada intinya anda harus melihat kebutuhan konsumen terlebih dahulu sebelum memulai usaha anda, dan menurut salah satu media bisnis Amerika Serikat INC usaha pada tahun 2013 yang akan bertahan hingga 10 tahun mendatang adalah sebagai berikut:

Usaha Internet adalah usaha yang sangat menjanjikan saat ini dan dapat di pastikan akan terus berkembang dan menjadi tren kehidupan umat manusia, Bisnis internet ini meliputi, Usaha jualan di website/internet (ecommerce), data processing dan juga jasa informasi lainnya.

2. Usaha Sistem Komputer
Usaha Sistem komputer dan jasa yang berhubungan dengannya juga sangat menjanjikan pada saat ini.

3. Usaha Software dan Apps
Perkembangan teknologi saat ini terus berkembang contoh seperti smartphone, tablet, dan komputer terus berkembang dan memiliki fungsi begitu beragam, dan bisnis di bidang software dan aplikasi sangat menjanjikan dan juga bisnis apps smartphone dan tablet memiliki konsumen sangat luar biasa, Bisnis Software dan Apps ini meliputi pengembangan/ide, pendidikan, jual beli software dan apps.

4.Bisnis Jasa Ketenagakerjaan
Bisnis ini akan memang menjadi bisnis yang sangat kuat dari masa kemasa, dan juga diperkirakan akan bertahan hingga 10 tahun kedepan. walaupun banyak teknologi saat ini semakin banyak menggantikan fungsi tenaga kerja namun usaha ini masih tak akan redup.

5. Bisnis Konsultasi: management,science, dan teknis
Bisnis di bidang Konsultasi seperti management science dan juga teknis sangat menjanjikan untuk memulainya.
 
6. Bisnis Home Health Care

7. Bisnis Jasa penasihat keuangan pribadi

8. Bisnis Jasa perawatan anak

9. Usaha Seni, hiburan, dan rekreasi

10. Bisnis Film/video

Menentukan Target Konsumen dalam Bisnis Kuliner


Konsumen adalah faktor peling utama dalam suatu bisnis karena apapun bisnis apabila tidak ada peminat sama saja dengan bohong. banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam bisnis salah satunya adalah konsumen. namun konsumen sendiri banyak golongannya setiap usaha yang kita jalankan akan berbeda dengan usaha lain karena faktor yang mempengaruhi konsumen itu sangat banyak salah satunya adalah lokasi ataupun tempat di mana usaha tersebut kita jalankan karena beda daerah beda pula watak konsumen.
Usahaapa mencoba menggolongkan  beberapa jenis konsumen pada usaha kuliner.

Konsumen Mahasiswa atau Anak Muda

Anak Muda ataupun Mahasiswa adalah konsumen paling empuk dalam bisnis kuliner selain kehidupan anak muda yang royal mereka juga enggan makan dirumah dan juga rata-rata anakmuda senang makan bersama teman-temannya.dalam hal ini lokasi usaha kulineer yang dijalankan juga perlu di pertimbangkan apabila targetnya anak muda atau mahasiswa sebaiknya lokasi usaha berada di daerah yang ramai kos kosan dan juga area kampus.

Konsumen Anak-anak 

Konsumen yang satu ini juga sangat empuk untuk jenis usaha kuliner yang berada pada pusat keramaian seperti taman bermain, dokter anak, dan juga area pusat perbelanjaan. jenis usaha kuliner yang disukani anak anak adalah jenis makanan yang tidak mengandung sayuran dan juga makanan yang manis seperti es krim dan goreng-gorengan.dan hal yang paling perlu diperhatikan agar menarik dimata anak-anak makanan di bungkus dengan pembungkus yang menarik seperti ada gambar kartun dan pernuh warna. soal harga untuk konsumen jenis ini perlu di pertimbangkan karena rata-rata jajan anak-anak sekarang antara 5 - 20 ribu.

Konsumen Keluarga

Konsumen keluarga rata-rata lebih suka dengan tempat yang nyaman juga luas karena keluarga itu minimal terdiri dari tiga orang. sudah pasti menu yang ditawarkan harus bervariatif karena konsumen jenis ini terdiri dari anak anak hingga kakek-nenek.
Demikianlah segelintir jenis konsumen pada usaha kuliner, mungkin bagi anda yang ingin menjalankan bisnis kuliner ada baiknya untuk mempelajari karakter dari konsumen yang dibidik dan jenis makanan yang di sediakan dan penentuan lokasi usaha.
semoga bermanfaat.

Peluang Bisnis Warung Pecel Lele


Ikan lele merupakan salah satu ikan yang tergolong murah dan mudah untuk didapatkan, hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki potensi untuk budidaya ikan lele. Kemudahan dan kemurahan harga yang dimiliki ikan tersebut, menjadi salah satu daya tarik ikan lele di kalangan masyarakat umum. Ikan lele dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, namun menu ikan lele yang paling populer adalah menu pecel lele.
Menu masakan pecel lele memang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat. Baik dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas pun banyak yang menyukai menu yang satu ini. Pecel lele merupakan menu yang terdiri dari perpaduan antara ikan lele yang digoreng garing lalu disajikan dengan sambal dan lalapan, biasanya lalapan yang digunakan antara lain timun, kubis, kemangi, serta ada juga yang menambahi kacang panjang sebagai lalapan tambahan. Sambal yang disajikan pun terkadang bervariasi, ada yang menggunakan sambal dengan tambahan mete, sambal bawang, sambal lombok ijo, sambal terasi, serta sambal tomat.
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat akan menu tersebut, kini warung tenda pecel lele telah menjamur dan tersebar di pinggir – pinggir jalan baik di perkotaan maupun di daerah pinggiran. Selain rasanya yang nikmat, menu pecel lele juga memiliki harga yang relatif murah. Maka tak heran lagi jika menu ini diminati banyak konsumen, serta sering dijadikan pilihan menu makan malam oleh anak – anak kost.
Siapa sangka, jika hanya dengan bisnis rumahan yang dianggap kecil ini pun mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar per harinya. Bagi yang ingin membuka peluang sukses dengan bisnis rumahan, berikut kami berikan analisis ekonomi untuk membuka usaha pecel lele.
Analisa Ekonomi

Modal awal
Bahan baku                                                  Rp 400.000,00
Gerobak Tenda                                               Rp 600.000,00
Peralatan                                                   Rp 500.000,00
Sewa Tempat / bulan                                         Rp 300.000,00
Lain – lain                                                 Rp  25.000,00 +
Jumlah                                                      Rp 1.825.000,00

Biaya Operasional / hari
Pembelian bahan baku                                        Rp 250.000,00
Gas Elpiji                                                  Rp  13.000,00
Lain – lain                                                 Rp  25.000,00+
Jumlah                                                      Rp 288.000,00

Pemasukan
Omset/ hari      : 50 porsi x Rp 7.000,00  =                Rp 350.000,00

Laba bersih / hari                                          Rp 62.000,00

Laba bersih / bulan
Rp 62.000,00 x 30 hari =                                    Rp 1.860.000,00
Bagi Anda yang memiliki rumah dipinggir jalan, Anda dapat membuka usaha tersebut di teras rumah anda. Sehingga bisa meminimalisir biaya sewa tempat dan peralatan yang dibutuhkan. Sukses selalu untuk usaha yang dijalankan !!!!!!!

Peluang Bisnis Warung Tenda Buat Anak Muda


Mungkin anda adalah anak muda dengan jiwa wirausahawan untuk mencari pengalaman atau untuk memenuhi kebutuhan hidup anda bagi anak muda atau mahasiswa dapat melirik peluang usaha warung tenda, saat ini sangat banyak warung tenda terdapat di kota-kota besar dan menjadi usaha favorit bagi anak muda selain keuntungannya yang lumanyan besar usaha ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan modal karena sesuai dengan namanya yaitu warung tenda. ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menjalankan usaha warung tenda selain tempat yang ramai perlu juga di pertimbangkan kenyamanan pelanggan salah satunya tempat yang bersih dan nyaman kerap kali usaha ini berada di pinggir jalan yang di bawahnya terdapat got walau tertutup got selalu menimbulkan bau tak sedap,jadi sebelum menjalan kan bisnis ini perlu di lakukan survei tempat.
Target Konsumen
Target konsumen warung tenda bisa mencakup semua usia, baik tua maupun muda bisa menjadi sasaran konsumen warung tenda, dan juga bagi konsumen yang kelaparan di tengah malam.
Info Bisnis
Sebelum menjalankan warung tenda, perkaya diri Anda dengan pengetahuan dan keterampilan, hal ini akan menciptakan inovasi baru yang akan semakin memikat pasar. Kemudian ketahuilah selera pasar. Cari tahu tentang menu-menu makanan yang paling disukai masyarakat setempat.karena warung tenda banyak di jalankan pada malam hari, karena rata-rata para mahasiswa yang menjalankan usaha ini perlu nya neon box agar pelanggan dapat tertarik perhatiannya.
Kelebihan
Harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dari pada di restoran. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan yang ada di restoran dan buka sampai larut malam.
Kekurangan
Konsumen akan mengalami kebosanan dengan menu yang ditawarkan.
Pemasaran
Selain memberikan nama warung tenda pada spanduk. Pemasaran paling efektif yaitu memberikan menu dengan rasa yang konsisten serta pelayanan yang maksimal. Hal ini akan menciptakan promosi dari mulut ke mulut dari konsumen.
Kunci Sukses
Selalu ciptakan inovasi  agar konsumen tidak bosan. Serta berikan juga nama unik pada setiap menu yang Anda tawarkan agar menimbulkan rasa penasaran untuk mencobanya.
Analisa Bisnis Bisnis Warung Tenda
Modal Awal:
Stok awal barang dagangan    Rp 2.500.000,00
Peralatan:
Gerobak dan tenda            Rp 2.000.000,00
Peralatan makan dan minum    Rp   500.000,00
Meja dan Kursi               Rp   700.000,00
Spanduk reklame              Rp   200.000,00 +
Jumlah                       Rp 3.400.000,00
Jumlah modal awal            Rp 5.900.000,00
Dengan metode garis lurus dan masa manfaat peralatan tersebut adalah 3 tahun.
Beban penyusutan per bulan jika nilai residu Rp 100.000,00 adalah
sebesar (Rp 2.900.000 – Rp 100.000,00)/ (3 tahun x 12 bulan)= Rp 77.778,00 per bulan.
Perhitungan laba/ rugi per bulan
Penjualan per bulan:
Pendapatan rata-rata:
Rp 200.000,00 x 30 hari                  Rp 6.000.000,00
Harga pokok barang per bulan:
Pembelian bahan baku                     Rp 2.500.000,00
Upah:
12 jam kerja x Rp 2.500,00 x 30 hari     Rp   900.000,00 +
Jumlah                                   Rp 3.400.000,00 +
Laba kotor per bulan                     Rp 2.600.000,00

Peluang Bisnis Kuliner Lontong di Rumah


Mungkin anda seorang ibu rumah tangga yang penuh kebosanan di rumah, banyak hal yang dapat di lakukan untuk menghilangkan kebosanan anda salah satunya adalah dengan membuka usaha di rumah. bagi anda yang tinggal di daerah perumahan pada anda dapat melirik peluang usaha di rumah salah satunya adalah dengan berjalan lontong kari.
Target Konsumen
Lontong kari mempunyai konsumen yang tak terbatas usia, hampir semua usia dapat menikmati makanan ini.dan rata-rata pada pagi hari karena banyak konsumen yang tidak sempat menyiapkan sarapan.
Info Bisnis
Anda dapat menyiapkan halaman atau teras Anda yang akan digunakan untuk membuka usaha Anda. Selain itu jangan lupa juga untuk menyiapkan seperti piring, gelas, meja, kursi, plastik pembungkus. Kemudian siapkan bahan baku, cari bahan baku yang berkualitas namun dengan harga yang lebih murah.
Kelebihan
Lontong kari yang cocok dihidangkan kapan saja inilah yang akan menjadi peluang bisnis, Anda dapat menjual lontong kari ini bukan hanya pada pagi hingga menjelang siang namun bisa sampai sore hari.
Kekurangan
Kebosanan konsumen pada menu lontong kari bisa menjadi salah satu kelemahan usaha ini.namun dengan sedikit ada perubahan misal dengan mengganti kerupuk atau pelengkap lontong lainnya.
Pemasaran
Selain membuat tulisan pada papan atau spanduk di depan tempat usaha, memberikan potongan harga atau diskon pada saat awal pembukaan bisa juga menjadi sarana promosi.
Kunci Sukses
Buat lontong kari buatan Anda berbeda dengan lontong kari lainnya, sediakan acar, emping atau sambal yang bisa diambil secara gratis. Berikan juga harga yang bersaing dan terjangkau agar semua kalangan dapat membeli. Dan setelah itu bersiaplah meraup untung dari peluang bisnis kuliner lontong di rumah.

Analisa Usaha Bisnis Kuliner Lontong di Rumah
Modal Awal:
Bahan baku & pembantu            Rp   800.000,00
Peralatan:
Peralatan warung (meja,kursi)    Rp 3.500.000,00
Spanduk dan lain-lain            Rp   200.000,00  +
Jumlah                           Rp 3.700.000,00 +
Jumlah modal awal                Rp 4.600.000,00
Beban penyusutan peralatan tersebut dihitung dengan metode garis lurus.
Jika masa manfaat peralatan adalah 3 tahun dan nilai residu Rp 100.000,00 maka
diperoleh beban penyusutan per bulannya adalah sebesar
(Rp 3.700.000,00 – Rp 100.000,00) / (3 tahun x 12 bulan)
= Rp 100.000,00 perbulan. Investasi ini diasumsikan berada di teras rumah.
Perhitungan laba/ rugi per bulan
Pendapatan (rata-rata) :
20 porsi x Rp 5.000,00 x 30 hari         Rp 3.000.000,00
Pengeluaran (satu bulan) :
Biaya produksi:
Bahan baku dan pembantu                  Rp   800.000,00 -
Laba kotor (satu bulan)                  Rp 2.200.000,00
Biaya operasional lainnya (satu bulan):
Penyusutan aset                          Rp   100.000,00
Transportasi                             Rp   300.000,00
Beban umum lainnya                       Rp   200.000,00 +
Jumlah                                   Rp   600.000,00 -
Laba bersih (satu bulan)                 Rp 1.600.000,00

Lokasi Yang Baik Untuk Usaha Kaki 5


Usahaapa? :
Bisnis apapun yang dijalankan faktor paling mempengaruhi adalah lokasi usaha tersebut, bahkan menjadi faktor utama pada beberapa bisnis misalnya pada bisni kaki 5, sesuai dengan namanya usaha ini memang berada di kaki5 ya itu tempat-tempat ramai dikujungi orang. 

Berikut sedikit ulasan lokasi yang cocok untuk usaha jenis kaki 5;

Dekat Dengan Keramaian

Ciri-ciri keramaian yang dimaksud adalah antara lain banyak di lalui oleh kendaraan dan banyak terdapat aktifitas bisnis seperti pusat perkantoran, adanya fasilitas umum seperti ATM, halte dan lain-lain.

Parkir Mencukupi

Makin hari faktor ini makin penting apalagi di kota-kota besar, kemudahan untuk parkir akan menentukan keputusan pelanggan untuk singgah dan berbelanja pada usaha yang anda jalankan. Berapa luas area parkir yang ideal untuk bisnis anda? sedikitnya muat untuk parkir 5 buah mobil itu sudah sangat mencukupi, area parkir tidak mesti berada di depan atau halaman usaha, di belakang atau samping juga bagus.

Berada Sebelah Kiri Jalan

Berada sebelah kiri jalan dari jalur orang-orang pulang kantor selalu dianggap lebih baik ketimbang sebelah kanan. Pengendara Pulang lebih berpotensi untuk membeli karena di saat berangkat sebahagian besar pengendara terburu-buru.

Jalan Bay Pass Siapkan Papan Nama Yang Memadai

Jalan yang sangat besar seperti jalan bay pass juga bisa di sebut lokasi hoki untuk jenis usaha kaki 5, usaha yang berada di jalan raya papan nama menjadi faktor penunjang karena sering kali usaha yang berada di samping jalan besar tanpa papan nama yang memadai akan tidak terlihat karena selain pengendara lebih cepat dalam mengendarain atau juga karena kurang adanya perhatian dari pengendara. Jarak pandang terhadap usaha anda juga menjadi faktor penting sebaiknya jangan menjalankan usaha kaki 5 apabila jangkauan pangdangnya hasa satu sisi, akan lebih baik jika memiliki beberapa posisi pandangan terhadap usaha anda minimal dua arah.

Siapa yang Lalu Lalang

Jalan yang ramai di lalui ornng sudah pasti menjadi tempat hoki untuk usaha, namun perlu di perhatikan siapa yang lalu lalang tersebut  karena sebelum memulai usaha kita harus mensurvai terlebih dahulu siapa mereka yang lalu lalang dan mereka butuh apa atau apa potensi dari mereka untuk usaha yang akan kita jalankan.

Dikelilingin Permukiman

Berkembangnya kota-kota baru berupa hadirnya permukiman permukiman baru di wilayah satelit, menambah keterbukaannya pilihan lokasi usaha bagi usaha kaki 5. penghuni permukiman baru pada umumnya adalah keluarga muda yang suami dan istrinya berkerja, dan menjadi pembeli yang sangat berpotensi karena pada umumnya mereka kurang suka dengan aktifitas di dapur.

Dekat Dengan Sekolah Favorit

Sekolah favorit bukan hanya menyediakan siswa-siswa dengan daya beli tinggi namun biasanya menjadi pusat  aktifitas sosial dari para pengantar, para sopir dan juga orang tua siswa.

Dekat Dengan Pasar dan Pusat Perbelanjaan

Ini sebenarnya lokasi klasik untuk sebuah usaha kaki 5, pasar dan pusat perbelanjaan sebenarnya memang sudah tempat yang ramai hanya saja radius kawasan yang dikatakan dekat dengan pasar  makin lama makin luas. karena banyak tempat seperti ini belum di eksplorasi.

Dekat dengan Tempat Ibadah 

Tempat-tempat ibadah di kota-kota besar makin lama makin berkembang menjadi pusat keramaian selain menjadi tempat aktifitas religi, juga terdapat aktifitas solial.

Posisi Usaha 

Selain lokasi yang strategis posisi usaha juga penting dalam menjalankan usaha. meskipun berada di posisi yang sangat ramai jika posisi usaha anda kurang pas, usaha anda akan terancam sepi. misalkan sebuah usaha restoran yang berada di dalam supermarket namun dekat dengan toilet atau terhalang dengan tangga atau lainnya. ini tentu kurang baik untuk usaha anda walau ramai namun lokasi tersebut akan membenamkan usaha anda.

Demikian ulasan lokasi usaha yang baik untuk jenis kaki lima, mungkin masih banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis kaki lima pada intinya harus panda dalam menimbang dan mempelajari.